Apakah Kalian Tahu Cara Menghitung Kalori ? Simak dibawah ini


Manusia merupakan makhluk yang selalu tumbuh dan berkembang dalam hidupnya. Manusia yang sehat tidak hanya sehat jasmani, tetapi juga sehat rohani. Sehingga tubuh sehat dan ideal dari segi kesehatan meliputi aspek fisik, mental, dan sosial dan tidak hanya bebas dari penyakit (WHO 1950). Semua aspek tersebut akan mempengaruhi penampilan setiap individu, dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja, berkarya, berkreasi dan melakukan hal-hal yang produktif serta bermanfaat.

Kalori adalah satuan ukur untuk menyatakan nilai energi. Dalam ilmu gizi, kalori merupakan energi yang diperoleh dari makanan dan minuman serta penggunaan energi dalam aktivitas fisik. Tubuh kita memerlukan kalori untuk menghasilkan energi. Energi sangat berperan penting dalam kehidupan, tanpa energi sel-sel tubuh bisa mati, sistem-sistem organ dalam tubuh bisa berhenti, serta tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

Sumber kalori dari makanan dihasilkan dari lemak, karbohidrat dan juga protein, dan yang memiliki kandungan kalori terbesar dari semuanya adalah lemak, untuk setiap gramnya karbohidrat dan protein mengandung 4 kalori tapi untuk lemak setiap 1 gramnya mengandung 9 kalori. Jadi lemak memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan protein dan juga karbohidrat.

Cara Menghitung Kalori
Adapun rumus hitungan untuk mengetahui kebutuhan kalori tubuh Anda per hari adalah :
= BMR x nilai level aktivitas.
Sebelum menghitung kebutuhan kalori pada tubuh per hari, harus mengetahui terlebih dahulu berapa BMR (basal metabolic rate) pada tubuh. BMR  adalah energi/kalori yang dibutuhkan selama sehari, dalam kondisi istirahat .
·                Rumus untuk mengetahui BMR laki-laki = 66,4730 + (13,7516 x BB kg) + (5,0033 x TB cm) – (6,7550 x usia)
·                Rumus untuk mengetahui BMR perempuan = 655,0955 + (9,5634 x BB kg) + (1,8496 x TB cm) – (4,6756 x usia)
Keterangan :
·                     BB      : Berat badan (dalam satuan kg)
·                     TB      : Tinggi badan (dalam satuan cm)

Apabila nilai BMR sudah didapatkan, selanjutnya kalikan dengan nilai level aktivitas. Adapun nilai level aktivitas itu adalah :
  1. Tidak aktif = 1,2. Yang mana mereka tidak berolahraga sama sekali dalam seminggu.
  2. Aktivitas ringan = 1,375. Yang mana mereka berolahraga sekitar 1-3 kali dalam seminggu.
  3. Aktivitas sedang = 1,55. Yang mana mereka berolahraga sekitar 3-5 kali dalam seminggu.
  4. Aktivitas berat = 1,725. Yang mana mereka berolahraga sekitar 5-6 kali dalam seminggu.
  5. Aktivitas sangat berat = 1,9. Yang mana mereka berolahraga sekitar 2 kali dalam sehari, termasuk latihan fisik ekstra berat, atau memang job desc-nya full aktivitas fisik.


Apakah Kalian Tahu Cara Menghitung Kalori ? Simak dibawah ini Apakah Kalian Tahu Cara Menghitung Kalori ? Simak dibawah ini Reviewed by Unknown on August 26, 2018 Rating: 5

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.