Pengalaman Menyembuhkan Mata Ikan Yang Telah Merembet Banyak

Sumber Gambar dari Google
Pernah ga sih men kalian ngalamin yang namanya mata ikan di kaki, perih banget apalagi pas kalian jalan kaki, seperti nginjek duri. 

Sekedar info mata ikan atau yang biasa disebut clavus, (Bahasa Ilmiahnya ) adalah penebalan kulit akibat tekanan dan gesekan yang terjadi berulang kali. Mata ikan biasanya berbentuk bulat berukuran lebih kecil dibanding kapalan, dan memiliki bagian tengah keras yang dikelilingi kulit yang meradang. Selain di telapak kaki, penyakit ini juga kadang timbul di tumit, jari-jari kaki, telapak tangan, jari-jari tangan, hingga wajah dan mulut. 

Namun mata ikan ini kebanyakan terjadi di daerah kaki saja. waktu itu saya pernah ngalamin mata ikan sampai 6 di kaki sebelah kiri, ga kebayang kan gimana sakitnya. 

Ciri-Ciri Mata Ikan yaitu adanya bejolan dengan ukuran kecil atau juga bisa besar dan agak sedikit keras, dengan ditandai adanya titik inti luka, seperti mata ikan, dan area kulit berwarna pucat atau putih, dan jika ditekan akan menimbulkan nyeri,

Lalu apa sih penyebab Mata Ikan ini, khususnya di daerah kaki ? :
  • Pemakaian sepatu yang kurang pas, karena nomor sepatu terlalu kecil atau terlalu besar, jadi akan menimbulkan gesekan yang berlebihan pada kaki.
  • Sering jalan tanpa memakai alas kaki, apalagi pas cuaca lagi panas, walaupun banyak yang bilang bisa mengurangi penyakit rematik, tapi ternyata jika telapak kaki tidak kuat atau tipis bisa menimbulkan mata ikan karena gesekan jalan yang panas dan telapak kaki.
  • Adanya gesekan yang berlebihan pada bekas luka, jika di telapak kamu ada bekas luka seperti lecet, sangat tidak disarankan berjalan tanpa memakai alas kaki, karena bisa menimbulkan terjadinya mata ikan.
Bagaimana cara mengobati mata ikan ini ?

Jika kita membaca beberapa artikel lain, banyak beberapa cara bisa menghilangkan penyakit mata ikan ini, dari cara Tradisional, Medis, bahkan banyak juga dengan beberapa cara Ekstrim. 

Kita bisa mengobati dengan cara Tradisional tapi dibutuhkan kesabaran karena dengan cara tradisional akan membutuhkan waktu yang lama, adapun kita bisa mengobati dengan  :
  • Bawang Putih.
  • Pepaya Muda.
  • Cabe
  • Kapur Sirih

Sedangkan jika ingin cepat yaitu dengan cara MEDIS, yaitu kita bisa :
  • Mengobati dengan obat yang bisa kita beli di apotek. kita bisa menggunakan obat callusol atau plester mata ikan, yang bisa beli di apotek. Tapi untuk beberapa obat ini, ada yang langsung cocok dan bisa sembuh, banyak juga yang tidak ada efeknya. Jadi mungkin bisa dicoba untuk beberapa alternatif medis diatas.
  • Operasi. agak sedikit ngeri juga jika mendengar kata operasi. cuma operasi ini adalah operasi skala kecil, dokter hanya melakukan area bius disekitar telapak kaki, dan akan melakukan pengambilan mata ikan sampai dengan akar-akarnya, ini merupakan cara yang paling aman, namun juga menggunakan biaya yang besar, jika tanpa BPJS biaya yang dikeluarkan bisa sampai 1 juta ke atas. dari pengalaman teman saya, dengan operasi memang langsung cepat sembuh, cuma waktu itu teman saya setelah dioperasi masih tumbuh kembali mata ikannya.
Selain cara tradisional dan medis, banyak juga artikel yang melakukan cara EKSTREM, yaitu :
  • Menggunakan Rokok. Cara ini dilakukan dengan membakar mata ikan dengan menyundutkan ujung rokok yang panas sampai beberapa kali. dari beberapa artikel yang saya baca, cara ini memang banyak berhasil, tapi banyak juga yang tidak adak efeknya. jadi ya untung-untungan.
  • Menggunakan Obat Nyamuk Bakar. Hampir sama dengan rokok, yaitu dengan menyundutkan mata ikan dengan ujung obat nyamuk bakar yang telah dinyalakan, sampai beberapa kali.
  • Lilin. Cara ini juga bisa dibilang lebih aman daripada menggunakan rokok dan obat nyamuk bakar. Kalian bisa menempelkan mata ikan di ujung api lilin yang telah dinyalakan, sampai beberapa kali, dan kalian juga bisa meneteskan mata ikan dengan lelehan lilin di mata ikan dan area sekita mata ikan.

Cara ekstem diatas memang sangat tidak disarankan karena mungkin bisa menimbulkan infeksi atau malah bisa memperparah mata ikan.

*

Dari pengalaman saya yang pernah ngalamin mata ikan dikaki sampai 6 biji, bisa sembuh hanya dengan MERENDAM MATA KAKI DI AIR PANAS, ya benar, dengan merendam mata ikan di air panas yang telah diberi garam secukupnya. Berikut tips dari saya adalah :
  • Sebelum kaki kalian direndam memakai air panas adalah, sebelumnya mata kaki kalian sudah diobati terlebih dahulu dengan menggunakan callusol, selama kurang lebih satu minggu, yaitu dengan mengoleskan callusol di mata ikan kalian setelah itu tutup dengan menggunakan plester, ganti plester setelah 2 hari, dan oleskan kembali callusol. lebih bagus jika kalian sudah mengambil inti mata ikan dengan menggunakan pinset atau gunting kuku, atau inti mata ikan sudah ilang.
  • Setelah kurang lebih seminggu kalian sudah mengobati mata ikan dengan callusol, lalu kalian bisa mencoba merebus air panas sampai menggolak, lalu taruh air panas di ember mandi atau bak mandi, dan beri 3 sendok garam, lalu rendam kaki di air panas tersebut, atau mungkin jika tidak kuat panas, kalian bisa menempelkan sedikit demi sedikit telapak kaki kalian sampai mengenai mata ikannya. Saya juga waktu itu sampai sedikit menjerit saat sedikit demi sedikit mencelupkan telapak kaki saya, ya namanya juga air panas siapa yang tahan. :D.
  • Lakukan setiap hari sampai seminggu, jika kalian merasakan di telapak kaki kalian seperti ada sesuatu yang putus, itu berarti akar mata ikannya sudah rusak karena panas, yang jika seperti itu mata ikan sedikit demi sedikit akan sembuh. karena asalnya mata ikan tidak tahan dengan panas. Lalukan perendaman setiap hari sampai mata ikan kalian benar benar sembuh, sampai nyerinya hilang.

Jika kalian tidak ingin mata ikan tumbuh lagi, lalukan pencegahan mata ikan yaitu dengan :
  • Gunakan alas kaki atau sepatu yang nyaman sesuai ukuran.
  • Hindari berjalan di jalan beraspal tanpa menggunakan alas kaki.
  • Mengoleskan pelembab khusus kaki.
Terima kasih, sekian tips dari pengalaman saya. Semoga bermanfaat.

Pengalaman Menyembuhkan Mata Ikan Yang Telah Merembet Banyak Pengalaman Menyembuhkan Mata Ikan Yang Telah Merembet Banyak Reviewed by Unknown on June 25, 2018 Rating: 5

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.